test

Selamat datang di toko Nadia Pancing...Silahkan mencoba umpan yang ada.

Kamis, 06 Januari 2011

Kolam Galatama jitu

Bagiku kolam galatama ikan mas adalah 
Jika dari jumlah seluruh pemancing ... hampir 95% dapat ikan dan jumlahnya masing2 minimal 2 ekor

Bagiku kolam galatama adalah
Ikan makan pada waktu kapanpun ...tidak ada jam jam tertentu

Bagaimana caranya agar makan ikan galak...adalah
Dibuat kolam dan sirkulasi airnya mantap sehingga ikan senantiasa bergerak cepat dan ikan terbiasa lupa , tidak streess sehingga dia terlena dan lapar ... makan jam berapapun.

Bagaimana supaya kolam GT dibuat dengan sirkulasi air yang mantab...adalah
1. Jika kolam GT dialiri air dari sungai atau irigasi yang deras, buatlah air masuk dengan sederas sebisanya tentunya dengan bak filter penyaring dibuat sedemikian rupa sehingga sampah2 tidak terikut ke dalam kolam termasuk ikan-ikan kecil. 5 Menit sebelum pertandingan dimulai air masuk dari sungai atau irigasi ditutup...dan hidupkan umbul2 di tengah kolam selama permainan.
2. Jika kolam GT dialiri air dari sungai kecil yang bersumber air mata air atau sejenisnya , dibuat pemacu debit air sehingga air bergerak dan ikan bergerak seperti pancur air atau kincir pemutar air 2 jam sebelum pertandingan dimulai harus sudah hidup. Sehingga ikan bergerak dan lapar serta tidak stress.
3. Kolam GT harus mengisi ikan minimal banyaknya 1/5 dari luas kolam atau misal kolam 6 rante minimal banyaknya ikan = 1,2 rante penuh kalau dipadatkan. atau 1300 - 1500 kg minimal dengan variasi ikan ukuran 1,7 kg s.d 6 kg...lebih banyak lebih baik asal tidak melebihi 1/2 kolam.
4. Kolam GT harus mempunyai bak penyehatan ikan/bak karantina ikan untuk ikan -kan yg baru di dapat pemancing harus di sehatkan minimal 1 hari baru kemudian di lepas lagi ke dalam kolam GT.
5. Pemberian Vitamin dan pengobatan ikan di dalam kolam GT perlu dilakukan minimal 2 x sebulan.
6. Pembersihan kolam minimal 6 bulan sekali.
7. Service memuaskan selama pertandingan berjalan termasuk pemesanan makan dan minuman maupun lainnya.
8. Tempat duduk dan Tempat memancing yang ideal.
9. Pemakaian umpan hanya canggih dan cenil saja , karena umpan yang lain dapat merusak ikan dan menyebabkan kematian ikan seperti cacing halus, ubi putih, roti giling dan pohul-pohul kalau bisa di larang. Sehingga ikan tidak manja dan pola makan menjadi rakus yang akhirnya menyebabkan pemancing semua mendapat ikan.
10. Panitia ramah dan yang pasti mesti jujur dalam penimbangan ikan, kalau bisa pakai timbangan digital yang mempunyai layar proyektor sehingga tingkat kejujuran panitia dpt dipercaya. Di sini banyak kasus panitia main mata dengan pemancing...tidak jujur dan menyebabkan beberapa x pertengkaran...hal tersebut jgn dibiarkan...kalau bisa dihapuskan sehingga kolam GT anda terkenal jujur dan baik.
11. Penambahan ikan diperlukan jika dirasakan pola makan ikan sudah tidak rakus lagi...tambahlah secukupnya saja misal 20 ekor...karena kedatangan ikan2 baru ini akan memacu pola makan ikan.
12. Ikan GT ikan mas haruslah ikan sawah, tidak ikan yang dipelihara di air mengambang seperti kerambah2 di danau , sehingga ikan mendasar ke bawah kolam tidak mengambang dan kwalitas ikan mas yang bandal seperti ikan mas type majalaya...warna hitam dan kuat 

Semoga ini bisa bahan acuan bagi kolam GT dan pengusaha kolam GT

2 komentar:

  1. salam kenal pak..mhn info kalau kolam GT ikan mas ukuran 23 X 18 m supaya oke sebaiknya diisi berapa kg ikan???

    BalasHapus
  2. Kolam GT 23 x 18 meter

    Sebaiknya kedalaman kolam 1.5 - 1.7 meter
    Ikan sebaiknya isi ikan 2 dan 3 kg agar usaha bisnis anda kolam gt bisa ada tambahan dari ikan delta = 2.00 kg dan ikan echo = 3.00 kg dengan biaya pendaftaran show rp. 30.000,- dan ikan delta echo masing2 rp 10.000,- . Kembali ke topik awal ikan yang dimasukkan antara 800 - 1000 ekor mengingat kolam relatif kecil.
    Buatkan kolam penyehatan
    Buatkan saluran air masuk , kalau bisa air sawah/irigasi/airsungai, dan ada bah penyaringan/filter air masuk. Sebelum permainan dimulai hidupkan air sederasnya. setelah main hidupkan air umbul di tengah yg disalurkan lewat pipa.
    Salam sukses

    BalasHapus